Entri Populer

Rabu, 27 Oktober 2010

HUBUNGAN MANUSIA DENGAN KEBUDAYAAN

BUDAYA
Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. budaya terbentuk dari beberapa unsur seperti politik, sistem agama, ekonomi, adat istiadat, perkakas, bahasa, pakaian, bangunan, karya seni. Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. jadi, budaya tidak bisa di gambar kan secara nyata tetapi bisa di pikir kan dan pengertian secara luas.

KEBUDAYAAN
kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. menurut ahli kebudayaan Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. sedangkan menurut pendapat lain, Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Dari berbagai definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN
Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan mengenai komponen atau unsur kebudayaan, antara lain sebagai berikut:
Melville J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu:
  • alat-alat teknologi
  • sistem ekonomi
  • keluarga
  • kekuasaan politik
Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok yang meliputi:
  • sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya
  • organisasi ekonomi
  • alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama)
  • organisasi kekuatan (politik)
KEBUDAYAAN DI ANTARA MANUSIA
sebuah kebudayaan besar biasa ya mempunyai sub-kebudayaan atau bisa di bilang bagian terkecil dari budaya besar. muncul ya sub atau bagian dari kebuadayaan, seperti perbedaan ras, etnis, gender, agama dan kelas.


MANUSIA
manusia merupakan makhluk yang sempurna di antara makhluk lainnya. seperti akal, hewan dan tumbuhan tidak mempunyai akal untuk berfikir tapi mereka berfikir berdasarkan insting n naluri. manusia juga merupakan makhluk sosial, mereka tidak bisa melakukan suatu hal atau mengerjakan sesuatu secara sendiri.

banyak manusia yang sudah lupa akan kebudayaan ya sendiri, sehingga banyak kebudayaan yang menghilang atau lenyap di telan bumi begitu saja. sangat di sayang kan sekali kebudayaan INDONESIA masih banyak yang belum di lestarikan hingga saat ini, sehingga banyak yang di klaim satu persatu oleh negara lain. oleh karena itu, kita sebagai pemuda INDONESIA dan berasas PANCASILA mari kita jaga kebudayaan untuk masa depan anak dan cucu kita, supaya mereka masih bisa lihat apa yang telah di hasil kan oleh leluhur ya dulu.

sekian tulisan dari saya, mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca sekalian, kekurangan selalu ada di manusia dan kebenaran hanya milik yang kuasa.

sumber dari: http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar