Entri Populer

Jumat, 26 November 2010

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

Tanggung jawab adalah sesuatu yang harus kita lakukan agar kita menerima sesuatu yang di namakan hak.Tanggung jawab merupakan perbuatan yang sangat penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari,karena tanpa tanggung jawab,maka semuanya akan menjadi kacau. bisa di bilang juga tanggung jawab adalah menanggung semua tindak peristiwa, seperti kata-kata dan tindakan. dan bisa juga menanggung semua resiko dari kata-kata atau tindakan yang telah kita perbuat. kalo kita tidak bisa bertanggung jawab semua kepercayaan yang orang telah berikan kepada kita akan hilang begitu saja.

tanggung jawab bersifat kodrat. arti ya tanggung jawab sudah satu paket dengan kehidupan manusia mulai dari mengenal dunia sampai mati.

macam-macam tanggung jawab:

tanggung jawab kepada diri sendiri
Tanggungjawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memnuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadiannya. Dengan demikian is dapat menyelesaikan masalahnya.

tanggung jawab kepada keluarga
tanggung jawab kepada keluarga lebih besar n berat karena di situ kita mesti memikul beban nama kedua orang tua kita yang telah melahirkan kita untuk tidak menjadi nama yang jelek di masyarakat. dan menlindungi keluarga kita dari berbagai masalah internal maupun internal

tanggung jawab kepada masyarakat
segala ucapan dan tindakan harus hati-hati karena mengundang banyak orang

tanggung jawab kepada bangsa dan negara
dari sini kita bisa melihat seberapa nasional kah kita

tanggung jawab kepada TUHAN YANG MAHA ESA
segala apa yang kita perbuat di dunia semua itu di catat oleh semua malaikat dan akan di pertanggung jawab kan pada saat dunia ini sudah berakhir (kiamat)


Wujud tanggungjawab adalah berupa pengabdian dan pengorbanan
Pengabdian
Pengabdian adalah baik perbuatan yang dipikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta kasih dan hormat yang dilakukan dengan iklas.

Pengorbanan
Pengorbanan berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian.

Sumber
"http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/ilmu_budaya_dasar/bab9-manusia_dan_tanggung_jawab.pdf"
http://id.shvoong.com/books/1773765-tanggung-jawab/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar